MENYIKAPI BISNIS JASA PARIWISATA MELALUI BAURAN PEMASARAN

Santosa Santosa

Abstract


Salah satu aktivitas dari sebuah industri adalah menciptakan barang dan atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen, sedangkan salah satu aktivitas marketing adalah melakukan penjualan.

Dalam aktivitas ini pemasar (marketer) meletakkan berbagai indikator agar barang dan atau jasa bisa tepat pada sasaran (target market). Indikator-indikator tersebut lebih sering dikenal dengan bauran pemasaran (marketing mix) yang oleh Mc. Carthy dikenal dengan 4 P (product, price, place and promotion).

Dalam industri jasa indikator 4 P tersebut tentunya kurang lengkap karena produk jasa memiliki karakteristik yang berbeda dengan produk industri fisik (barang murni). Kenyataan ini menunjukkan perlunya pebisnis mengadakan pengkajian tentang bauran pemasaran pada produk jasa.

References


Hermawan Kartajaya, Marketing Plus 2000 Siasat Memenangkan Persaingan Global, Cetakan Kedua, 1977, Gramedia, Jakarta.

Philip G. Davidoff dan Doris S. Davidoff, Sales and Marketing for Travel and Tourism, Second Edition, 1994, Davidoff Associates, Inc.

Philip Kotler, Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian, edisi ketujuh, 1993 Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta.

Salah Wahab, Pemasaran Pariwisata, Cetakan Kedua, 1992, PT Pradnya Paramita, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.36276/mws.v2i2.22

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 Santosa Santosa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.