SIKAP MAHASISWA DALAM MEMILIH TEMPAT KOS

Santosa Santosa

Abstract


Fenomena tempat tinggal sementara bagi mahasiswa (rumah kost/kontra) di Yogyakarta telah menjadi kajian yang sangat menarik, karena semakin banyaknya jumlah mahasiswa luar Yogyakarta yang melakukan studi lanjut di Yogyakarta. Fenomena ini telah membawa pengaruh dengan semakin suburnya usaha jasa tempat tinggal sementara.


Layaknya sebuah produk yang memiliki nilai jual yang cukup menjanjikan, maka semakin tahun semakin banyak pengusaha rumah tinggal sementara baik orang asli Yogyakarta maupun orang luar Yogyakarta. Mahasiswa sebagai konsumen yang berdaya beli potensial memiliki berbagai alternatif penilaian terhadap berbagai atribut yang melekat pada produk jasa rumah tinggal tersebut.

Banyaknya atribut yang melekat tersebut akan berpengaruh pada sikap mahasiswa dalam menentukan pilihan rumah tinggal sementara. Karena sikap merupakan faktor utama dalam menentukan pilihan pembelian. Sikap akan dipengaruhi oleh banyak faktor di antaranya adalah jenis Perguruan Tinggi. Pada mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri relatif lebih sederhana dalam memilih tempat tinggal sementara, sedangkan kebanyakan mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta relatif lebih teliti dalam melakukan tindakan pembelian jasa rumah tinggal sementara.

Kenyataan ini akan berimplikasi pada penyediaan berbagai macam produk rumah tinggal sementara yang disesuaikan dengan atribut yang dipilih oleh mahasiswa.

References


Bimo Walgito, 1987, Psikologi Sosial Suatu Pengantar, Edisi Pertama Andi Offset, Yogyakarta.

Basu Swasta, Irawan, 1987, Manajemen Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta.

Porter, Michael E., 1992, Strategi Bersaing, Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip, 1993, Manajemen Pemasaran, Vol. Satu, FEUI, Jakarta.

Saifudin Anwar, 1978, Sikap Manusia : Teori dan Pengukurannya, Edisi Kedua, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Samsubar Saleh, 1992, Statistik Induktif, Liberty, Yogyakarta.

Sutrisno Hadi, 1988, Statistik Jilid Ii, Fakultas Psikologi UGM, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.36276/mws.v2i1.74

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.